Sejarah Tim Garuda Nasional Sepak Bola Indonesia

Tim Garuda, sapaan akrab Timnas Indonesia, memiliki sejarah yang panjang dan penuh warna. Sejarah Timnas Indonesia terukir kuat dalam berbagai momen bersejarah di berbagai kancah internasional. Kiprah mereka menghadirkan kegembiraan dan kebanggaan nasionalisme bagi rakyat Indonesia. Siapa yang tidak pernah mendengar gegap gempitanya sorak-sorai para pendukung Indonesia saat pertandingan sedang berlangsung?

“Indonesia! Dung-Dung-Dung-Dung-Dung”

“Indonesia! Dung-Dung-Dung-Dung-Dung”

“Indonesia! Dung-Dung-Dung-Dung-Dung”

Tim Garuda adalah tim Asia pertama yang berpartisipasi pada Piala Dunia FIFA 1938(1934-1950an) mewakili Hindia Belanda di Prancis. Pertandingan ini juga merupakan pertandingan pertama dan satu-satunya bagi Indonesia dalam Piala Dunia FIFA sejak 1938 hingga sekarang. Saat itu Indonesia kalah telak 6-0 dari Hungaria di babak penyisihan grup di Reims. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai Negara pemegang rekor Piala Dunia sebagai tim dengan jumlah pertandingan paling sedikit dan salah satu tim dengan jumlah cetak gol paling sedikit. Sejarah Timnas Indonesia ini cukup berliku, setelah kalah dari Hungaria pada Piala Dunia FIFA 1938, Indonesia mencoba bangkit melalui kompetisi Pesta Olahraga Asia dan SEA Games.

Walau begitu Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau yang biasa disingkat PSSI, tidak mengakui pertandingan yang diselenggarakan tersebut karena merupakan pertandingan yang diselenggarakan sebelum kemerdekaan Negara Indonesia pada tahun 1945, apalagi pertandingan tersebut diselenggarakan oleh Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB) yang kemudian digantikan oleh Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU) yang merupakan federasi sepakbola Hindia Belanda pada masa penjajahan

Akar Sejarah Tim Garuda

Akar sejarah Timnas Indonesia tertanam jauh sebelum kemerdekaan. Puncak kejayaan diraih di era Perserikatan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan meraih medali perunggu cabang sepak bola mengalahkan India dengan skor 4-1 pada laga perebutan tempat ketiga pada Pesta Olahraga Asia tahun 1986 dan SEA Games sebanyak 6 kali.

Sejarah Timnas Indonesia kembali diukir dengan keikutsertaan Indonesia pada babak kualifikasi Piala Dunia 1974. Sayangnya, Timnas Indonesia gagal dan tereliminasi di babak pertama dengan hanya meraih satu kemenangan dari enam pertandingan melawan Selandia Baru. Setelahnya pada tahun 1978, Indonesia kembali ikut dan hanya mampu memenangkan satu pertandingan dari empat pertandingan melawan Singapura yang saat itu menjadi tuan rumah. Empat tahun setelahnya yaitu saat Piala Dunia 1982, Indonesia hanya memenangkan dua pertandingan melawan Tionghoa Taipei dan Australia.

Timnas Indonesia di Piala Asia

Perjalanan Timnas Indonesia dimulai tahun 1996 lewat Piala Asia AFC, saat itu Indonesia melawan Uni Emirat Arab dan sayangnya Indonesia hanya berhasil mencetak satu poin dari hasil imbang 2-2 melawan Kuwait di babak pertama. Pada Piala Asia AFC 2004, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Qatar dengan skor 2-1. Namun kemenangan ini tidak cukup untuk membuat Timnas Indonesia lolos ke Babak Kedua. Setelahnya, Timnas Indonesia tidak mampu melewati Tiongkok dan Bahrain dengan skor  0-5 dan 1-3.

Prestasi terbaik Timnas Indonesia dalam Sejarah Timnas Indonesia diraih pada tahun 2000 dan 2004 saat mencapai babak perempat final. Pencapaian bersejarah terjadi pada Piala Asia 2023 di mana Tim Garuda untuk pertama kalinya lolos masuk ke babak 16 besar setelah mengalahkan Bahrain dan Yordania. Sebagian Catatan Sejarah Timnas Indonesia dirangkum sebagai berikut,

Timnas Indonesia vs Jepang (1934-2023)

Pertemuan kedua Tim ini terjadi pada tahun 1934. Dalam 23 pertemuan, Indonesia meraih 3 kemenangan, 5 hasil imbang, dan 15 kekalahan. Pertandingan terakhir di Piala Asia 2023 dimenangkan oleh Jepang dengan skor 3-0.

Timnas Indonesia vs Australia s/d 2023

         Pertandingan yang sengit terjadi saat Tim Garuda berhadapan dengan Australia. Dalam 11 pertemuan, Indonesia hanya dapat meraih 1 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 8 kekalahan. Pertandingan terakhir di Piala Asia 2023 dimenangkan Australia dengan skor 5-1.

Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia

Timnas Indonesia telah 6 kali lolos ke Piala Asia yaitu pada tahun 1996, 2000, 2004, 2007, 2019 dan 2023. Namun momen bersejarah dalam sejarah Timnas Indonesia ada pada Piala Asia 2023 saat Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak 16 besar untuk yang pertama kalinya. Hal ini merupakan pencapaian yang besar berkat kerja keras para pemain yang dilatih oleh pelatih Shin Tae-yong dan dukungan penuh rakyat Indonesia..

Sejarah Timnas Indonesia di SEA Games

Sepak bola Indonesia mendominasi SEA Games dengan meraih medali emas sebanyak 19 kali. Prestasi ini menjadikan Indonesia sebagai negara tersukses dalam sejarah sepak bola SEA Games.

Penangguhan PSSI 2012

Pada 2012, PSSI mendapatkan teguran akibat diadakannya dua liga terpisah yaitu Indonesian Super League (ISL) yang tidak diakui oleh PSSI dan FIFA, serta Indonesia Premier League (IPL). PSSI berjuang menyelesaikan situasi ini dan diberi waktu hingga Juni 2012 terkait pengadaan kompetisi Liga yang terpisah, jika PSSI gagal maka kasus ini akan dirujuk ke Komite Darurat FIFA untuk menjalani proses penangguhan. Akibatnya, tiga dari empat perwakilan PSSI mengundurkan diri dari panitia bersama dengan alasan frustasi. Kejadian kelam ini terukir jelas dalam Sejarah Timnas Indonesia dan menjadi pelajaran bagi semua pihak.

Bangkitnya Timnas Indonesia

shin tae yong pelatih timnas

Setelah konflik yang berlanjut selama bertahun-tahun, Timnas Indonesia mulai bangkit di bawah arahan Shin Tae-yong asal Korea Selatan yang ditunjuk oleh PSSI. Di bawah arahan dan latihannya, Shin Tae-yong merombak mayoritas pemain senior dan mengambil pemain dari timnas U-23. Alhasil, Timnas Indonesia berhasil mencapai final dan meraih posisi runner-up saat itu dengan usia pemain yang cukup muda, yaitu rata-rata 23 tahun.

Prestasi ini berlanjut saat pertandingan final babak kualifikasi melawan Nepal. Timnas Indonesia meraih kemenangan telak 7-0 di Stadion Internasional Jabir Al-Ahmad, memastikan Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia AFC 2023 setelah absen selama 16 tahun lamanya. Momen ini terukir dalam Sejarah Timnas Indonesia sebagai momen mengharukan setelah menunda kemenangan selama belasan tahun. Semoga Timnas Indonesia jaya selalu.

“Indonesia! Dung-Dung-Dung-Dung-Dung”

“Indonesia! Dung-Dung-Dung-Dung-Dung”

“Indonesia! Dung-Dung-Dung-Dung-Dung”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *